PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV PADA SDN 71 KAUR

Sari, Ria Novita (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV PADA SDN 71 KAUR. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi ria.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui strategi guru dalam melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ips siswa kelas IV SD Negeri 71 Kaur. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penyajian dan pembahasan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pertama, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV Pada SDN 71 Kaur yaitu dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah mereka rencanakan sebelum pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan seperti dapat menjalankan proses pengajaran, mengelola kegiatan belajar mengajar, mengakhiri pelajaran dengan menyimpulkan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil proses belajar mengajar berlangsung dengan baik dan menggunakan model dan metode mengajar, media pengajaran. Pembelajaran juga telah dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan oleh tujuan pembelajaran. Kedua, faktor pendukung guru dalam guru SD Negeri 71 kaur dalam pembelajaran IPS yaitu perhatian peserta didik terhadap materi adalah berasal siswa itu sendiri. Dimana siswa memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan dan semangat dalam belajar. Ketiga, faktor penghambat guru dalam melaksanakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Pada SD Negeri 71 Kaur yaitu kurang lengkapnya atau kurang terpenuhinya kebutuhan sumber belajar, serta kondisi kemampuan siswa lemah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:36
Last Modified: 06 Sep 2021 05:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6315

Actions (login required)

View Item View Item