Eftiwin, Lydea (2021) PENGEMBANGAN ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI SMPN Se-KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
LYDEA EFTIWIN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan assessment untuk mengukur kemampuan literasi sains pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang teridiri dari 8 langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba awal, dan produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli assessment, ahli materi dan ahli bahasa, serta subjek siswa kelas VII SMPN se-Kota Bengkulu sebagai pengguna produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan assessmen oleh tiga ahli validator yang dikembangkan pada aspek assessmen sebesar 89%, aspek materi sebesar 92%, dan aspek bahasa 92%, secara keseluruhan dinyatakan sangat layak dengan ratarata sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa assessmen literasi sains untuk mengkur kemampuan literasi sains dinyatakan sangat layak digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Assessment, Literasi Sains |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 05:36 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 05:36 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6317 |
Actions (login required)
View Item |