Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 28 Lebong.

Sari, Kospita (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 28 Lebong. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KOSPITA SARI NIM. 1516240180.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, Kreativitas Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya permasalahan di SD Negeri 28 Lebong, yaitu hasil belajar Matematika siswa kelas IV masih banyak yang rendah, siswa kurang memiliki rasa percaya diri dan keberanian, siswa yang kurang termotivasi dan berkreativitas dalam pembelajaran karena tidak mengetahui manfaat dari materi yang diajarkan, metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang bervariasi, sehingga belum menekankan pada aktivitas siswa, guru cendrung menggunakan model konvensional yaitu metode ceramah, media pembelajaran kurang digunakan, guru hanya memanfaatkan buku cetak dan LKS saat pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe make a match terhadap kreativitas belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri 28 Lebong. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian quasi eksperimen, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian mendapatkan perhitungan skor angket pre-treatment, didapatkan nilai rata-rata skor sebesar 66,46 dan standar deviasi 6,53, dan perhitungan skor angket post-treatment, didapatkan nilai rata-rata skor sebesar 73,67 dan standar deviasi 5,27. Dari uji homogenitas didapatkan harga Ftabel adalah 2,04 (harga antara pembilang 20 dan 24), karena Fhitung lebih kecil dari Ftabel (1,535 > 2,04), maka artinya varians homogen, sehingga analisis quasi eksperiment dapat dilanjutkan. Serta berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka nilai t dibandingkan dengan dk = 46, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 2,013. Dengan demikian, thitung > ttabel (7,183 > 2,013) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model cooperative learning tipe make a match terhadap kreativitas belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri 28 Lebong..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:36
Last Modified: 06 Sep 2021 05:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item