Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Beragama Siswa di SMP Negeri 38 Mukomuko.

Khairi., Jumatul (2020) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Beragama Siswa di SMP Negeri 38 Mukomuko. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUMATUL KHAIRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Beragama Guru PAI memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa keagamaan siswa, termasuk di dalamnya bagaimana guru PAI memberikan perhatian kepada siswa dalam mendidik, mengajar, dan mengevaluasi baik dalam menyampaikan materi di kelas maupun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari siswa di sekolah. Banyak cara yang digunakan oleh guru PAI untuk memotivasi siswa agar senantiasa menjalankan ajaran agama Islam. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 38 Mukomuko. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi beragama siswa di SMP Negeri 38 Mukomuko. (2) Untuk mendeskripsikan kendala guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi beragama siswa di SMP Negeri 38 Mukomuko. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa, (1) kreativitas yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam yaitu sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, mengaji setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, mengadakan kultum sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Sedangkan dalam memberikan motivasi beragama, sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dimulai guru selalu memberikan nasehat-nasehat kepada siswa agar selalu menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah, serta mengingatkan untuk selalu mengikuti sholat jamaah dhuha dan dzuhur di musholla, dan untuk selalu menjaga akhlaknya tetap pada koridor Islam dan berkepribadian muslim. (2) kendala yang ada, diantaranya: rendahnya minat siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam, tempat ibadah yang tidak memadai, dan pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:06
Last Modified: 06 Sep 2021 06:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item