Sari, Alvia Deta (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa di Kelas III SD Negeri 58 Kaur. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI DETA ALVIA SARI NIM. 1516240075.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya permasalahan di SD Negeri 58 Kaur, yaitu dalam pembelajaran khususnya IPA guru juga masih sering menggunakan model ceramah sehingga penjelasan guru masih bersifat abstrak dan siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa juga cenderung pasif hanya mendengar penjelasan guru saja, mencatat dan menghafal dari apa yang dijelaskan guru dalam pembelajaran, ditambah dengan kurangnya memanfaatkan alat peraga pembelajaran menjadi kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keaktifan belajar IPA siswa di kelas III SD Negeri 58 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu angket, lembar observasi (daftar checklist) dan dokumentasi. Hasil penelitian dari data yang telah diperoleh nilai t dibandingkan dengan dk = N1+N2 – 2 = 27+27 – 2 = 52. Dengan dk = 52, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 2,006. Dengan demikian, thitung > ttabel (26,23 > 2,006) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keaktifan belajar IPA siswa di kelas III SD Negeri 58 Kaur, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kata Kunci: model pembelajaran picture and picture, keaktifan belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:37 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6345 |
Actions (login required)
View Item |