Prestasi Belajar Siswa Dalam Keluarga Yang Mengalami Perceraian ( Studi Pada SDN 88 Bengkulu Tengah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah)

Cahyani, Amellisa (2020) Prestasi Belajar Siswa Dalam Keluarga Yang Mengalami Perceraian ( Studi Pada SDN 88 Bengkulu Tengah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Prestasi Belajar, Perceraian Orang Tua. Permasalahan yang hendak dibahas dalam skripsi ini adalah dampak perceraian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SDN 88 Bengkulu Tengah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Tujuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang dikaji penulis, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat prestasi belajar siswa yang kedua orang tuanya mengalami perceraian studi pada SDN 88 Bengkulu Tengah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah ? dan Bagaimana prestasi belajar siswa yang keluarganya mengalami perceraian studi pada SDN 88 Bengkulu Tengah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat prestasi belajar yang kedua orang tuanya mengalami perceraian menjadi dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri (internal) dan berasal dari luar diri (eksternal). Prestasi belajar yang ditimbulkan oleh siswa di SDN 88 Bengkulu Tengah terdapat lima anak yang memiliki prestasi belajar yang memuaskan, dua anak yang memiliki prestasi belajar yang biasa saja, tiga anak yang memiliki prestasi belajar yang rendah. 2) Dampak perceraian orang tua tergolong bermacam-macam meskipun diakui bahwa perceraian kedua orang tua dapat menimbulkan masalah serius terhadap psikologis anak yang berpengaruh pada menurunnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan konsentrasi belajar yang menurun akibat sulit menerima pelajaran yang diberikan, anak menjadi cenderung pendiam dan penyendiri serta suka melamun maka hasil belajar akan menurun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:25
Last Modified: 03 Sep 2021 08:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item