Yulisiya, Octy Aisyah (2020) Perilaku Komunikasi Non verbal Anak Autis Pada Proses Belajar Disekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
Skripsi Aisyah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Perilaku Komunikasi Nonverbal, Anak Autis, Proses Belajar, Sekolah Luar Biasa Komunikasi non verbal sangat lazim digunakan oleh anak autis dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Fungsi dari komunikasi non verbal yakni untuk melengkapi, bahkan menggantikan keberadaan komunikasi verbal, seperti melalui ekspresi wajah, gerakan tangan dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk komunikasi nonverbal pada anak autis pembelajaran dan bagaimana perilaku mereka dalam berkomunikasi non verbal saat proses berlangsung didalam kelas. Penelitian ini menggunakan kulitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap 4 narasumber anak autis di SLBN 2 Kota Bengkulu. Teknik analisis data adalah domain, taksonomi, komponensial, tema kultural. Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi non verbal anak autis di SLBN 2 Kota Bengkulu pada proses pembelajaran didalam kelas menujukkan perilaku yang berbeda-beda pada setiap individu. Perilaku yang mereka tunjukkan harus mendapatkan penangan yang berbeda-beda juga dari guru yang bersangkutan. Perilaku komunikasi non verbal anak autis di SLBN 2 Kota Bengkulu sesuai dengan komunikasi yang mereka lakukan dalam proses pembelajaran. Perilaku setiap individu juga memiliki beberapa persamaan antar individu, misalnya anak yang mampu menunjukka rasa ketidaksukaan dengan menangis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 08:28 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 08:28 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6372 |
Actions (login required)
View Item |