Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 20 Kaur

Maryani, Vera (2019) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 20 Kaur. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung masih menj adj masalah di kalangan siswa III, untuk itu yang penulis ajukan adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 20 Kaur Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui sejauh mana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 20 Kaur Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penulisan diskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: upaya yang dilakukan oleh guru kelas III untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yang dialami oleh siswa dan faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menuEs, dan berhitung. Data diambil dengan observasi proses kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas III dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan tiga penemuan yaitu upaya yang dilakukan oleh guru kelas III untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yang dialami oleh siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan suasana bekijar yang kondusif dan kreatif, dan les tambahan. Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung. Adalah dan ketelatenan guru dalam mengajar, kepala sekolah yang selalu memberi dukungan terhadap upaya yang dilakukan oleh guru. Sedangkan faktor penghambat adalah dañ pengalaman siswa di sekolah, pengalaman siswa di rumah dan perhatian orang tua serta pengaruh televisi dan hand phone. Dengan upaya yang telah dilakukan siswa yang pada awal masuk belum dapat membaca, menulis, dan berhitung sant ini sudah dapat membaca, menulis dan berhitung dengan latihan secara tenis menerus. Kata Kunci: Guru; kesulitan belajar; membaca; menulis; berhitung; siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:26
Last Modified: 06 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item