Susanti, Romi ari (2020) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
romi skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SLBN 01 Kota Bengkulu, yang merupakan salah satu sekolah SLB yang ada di kota Bengkulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemandirian siswa tuna grahita yang masih rendah seperti belum bisa makan sendiri, belum mampu memasang kancing baju sendiri dan belum bisa memasang tali sepatu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal yang digunakan guru dalam membentuk kemandirian siswa tuna grahita. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek atau informan penelitian berjumlah 4 orang yaitu 1 guru kelas dan 3 orang tua dari siswa tuna grahita golongan rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru menggunakan pola komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi dengan siswanya yang dilakukan dengan pendekatan secara individu atau satu persatu yang mana siswanya dikelilingi dan didekati satu persatu. Meskipun pada saat komunikasi berlangsung siswa masih kesulitan untuk memahami apa yang di sampaikan oleh gurunya, maka dari itu guru perlu berulang-ulang menyampaikan apa yang akan disampaikan. Sehingga guru perlu melakukan upaya dalam membina siswa, baik dalam usaha membentuk kemandirian maupun pemahaman terhadap siswa tersebut. Kesulitan dalam melatih kemandirian siswa itu berupa menyuruh makan, mengancing baju, memakai tali sepatu dan membuat karya seni.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 03:54 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 03:54 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6390 |
Actions (login required)
View Item |