PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 66 KOTA

Ifani, Riska Dwi Ifani (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 66 KOTA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SEKRIPSI UNTUK PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS siswa kelas 5 yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas 5A berjumlah 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas 5B berjumlah 36 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Number Head Together (NHT) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal Pilihan Ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada hasil posttest siswa kelas 5A yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 33 orang siswa (75%) mendapatkan nilai 60 sampai 100 sedangkan hasil belajar kelas 5B yang menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) sebanyak 36 orang siswa (47%) mendapatkan nilai 50 sampai 90. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,7239 dan nilai ttabel untuk df= 67 dengan taraf signifkan 5% adalah 1,996. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,996 > 1,996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas 5 yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di SDN 66 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:56
Last Modified: 20 Sep 2021 03:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item