PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR AKAR PADA SISWA KELAS IV SDN 41 KAUR

Lestary, Rahayu (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR AKAR PADA SISWA KELAS IV SDN 41 KAUR. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHAYU LESTARY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan faktor yang dominan. Penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi saat belajar jika tidak menggunakan media yang menarik, dan kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran IPA karena tidak menggunakan media yang tepat. Sehingga hasil pembelajaran menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasi dari alur permasalahan di atas ada beberapa rekomendasi alternatif tindakan yang dianggap efektif agar siswa mampu termotivasi belajar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media nyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SDN 41 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi eksperiment. Untuk menjawab hipotesis penelitian digunakan rumus t-tes parametris varians. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti Pernyataan tersebut ditunjukan dengan hasil rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakin, pada kelas eksperimen sebesar 71,15, dan pada kelas kontrol 49,95. Selain itu berdasarkan hasil sebesar 6,60 lebih besar dibandingkan sebesar 2,086, berarti diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:59
Last Modified: 20 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item View Item