Wahyuni, Intan (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di Kelas V SDN 47 Bengkulu Tengah. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI INTAN WAHYUNI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sbowball Throwing, Hasil belajar dan Tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di Kelas V SDN 47 Bengkulu Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik di kelas V SDN 47 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes (pretest dan postest) dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 1.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model snowball throwing dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik di kelas V SDN 47 Bengkulu Tengah. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Statistik uji: diperoleh T_hitung pada Equal variances assumed=2.084 dengan Probabilitas Value (Sig.) =0.043. Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata-rata skor postes hasil belajar siswa diperoleh nilai T_hitung=2.084> T_tabel=2.01174, dengan nilai probabilitas (sig.)=0.043 < 0.05. maka H_0 ditolak, karena terdapat perbedaan rata-rata skor postes yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik di kelas V SDN 47 Bengkulu Tengah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:00 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:00 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6425 |
Actions (login required)
View Item |