An Analysis of English Teachers’ Strategies in Encouraging Young Learners Participation ( A Qualitative Study at MI Ja-alHaq Bengkulu in the Academic Year 2020/2021)

Astuti, Juli Ratna (2021) An Analysis of English Teachers’ Strategies in Encouraging Young Learners Participation ( A Qualitative Study at MI Ja-alHaq Bengkulu in the Academic Year 2020/2021). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi Ratna Juli Astuti.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dalam mendorong partisipasi siswa di kelas. Untuk melakukan penelitian ini, dua guru bahasa Inggris pada pembelajar muda di Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alHaq Bengkulu dipilih sebagai peserta. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih partisipan dalam pendekatan kualitatif, karena peneliti hanya fokus pada strategi guru bahasa Inggris untuk pelajar muda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Menurut Bonnie Piller and Mary Jo Skillings strategi dalam mengajar anak muda yaitu: demonstrasi, latihan paduan suara/bernyanyi bersama, melihat dan berkata, ilustrasi bergambar, ilustrasi verbal, asosiasi, tanya jawab, narasi, dan membaca dan berkata. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada delapan strategi pengajaran yang digunakan guru yang berhasil mendorong partisipasi pelajar muda. Guru 1 lebih dominan menggunakan strategi ilustrasi verbal 20,83%, demonstrasi dan tanya jawab 16,67%. Sedangkan Guru 2 lebih dominan menggunakan strategi ilustrasi verbal 23,80% dan strategi bertanya 19,04%. Interaksi antara sembilan strategi pengajaran terjadi antara siswa-konten, siswa ke siswa, dan siswa ke guru. Namun, strategi paling signifikan yang sering digunakan guru untuk mendorong partisipasi siswa muda adalah: illustratsi verbal, demonstrasi, lihat dan katakan, dan bertanya. Kata kunci: Strategi Mengajar, Partisipasi Siswa Muda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:06
Last Modified: 20 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6471

Actions (login required)

View Item View Item