Efendi, Ahmad Yusuf (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
AKHMAD YUSUP EFENDI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan pengembangan dan kepraktisan penggunaan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter untuk kelas VIII SMP/MTS pada materi sistem persamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop, Disseminate. Uju coba produk dilakukan pada kelompok kecil yaitu 14 orang siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian dimana pada tahap validasi terdiri dari 4 orang validasi yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli nilai pendidikan karakter dan 2 orang ahli materi dengan persentase rata-rata validasi yaitu 82,94% dengan kategori “Sangat Valid”. Pada tahap uji coba produk untuk menentukan kepraktisan penggunaan modul matematika ini menggunakan uji kelompok kecil (respon siswa) dan respon guru memperoleh skor dengan rata-rata sebesar 81,62% dengan kategori “Baik”. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter untuk kelas VIII SMP/MTS pada materi sistem persamaan linier yang sudah dikembangkan adalah valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Video Animasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:07 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
View Item |