Pelaksanaan Majelis Ta’lim Dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama Islam Bagi Masyarakat Di Desa Padang Lekat Kabupaten Kepahiang

Oktasari, Desi (2021) Pelaksanaan Majelis Ta’lim Dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama Islam Bagi Masyarakat Di Desa Padang Lekat Kabupaten Kepahiang. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI OKTASRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Majelis Ta’lim, Pengetahuan Agama Islam Tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur’an bagi jamaah majelis ta’lim. Sehingga jamaah majelis ta’lim bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya meliputi: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini didapatkan dari para jamaah majelis ta’lim Syuhada, yang telah dipilih dan di wawancarai secara mendalam untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini yang kemudian peneliti analisa untuk mendapatkan hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa majelis ta’lim Syuhada dalam menarik minat jamaah membaca Al-Qur’an sudah berjalan dengan baik terlihat dari jamaah yang rutin datang belajar mengaji, mau mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan semangat dalam mengaji. Faktor yang mempengaruhi majelis ta’lim dalam meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur’an yaitu faktor Intrinsik adalah faktor dari dalam diri individu itu sendiri yaitu keinginan memperdalam pengetahuan agama Islam dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan faktor Ekstrinsik yaitu faktor dari luar seperti keluarga, dengan harapan bisa menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:08
Last Modified: 20 Sep 2021 04:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6498

Actions (login required)

View Item View Item