Amelia, Nefi (2021) Konsep Etika Peserta Didik terhadap Guru dalam Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI NEFI AMELIA (1711210098).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Etika Peserta Didik terhadap Guru, K.H. Hasyim Asy’ari, dan Pendidikan Karakter Salah satu tokoh yang memiliki pemikiran tantang etika peserta didik terhadap guru adalah K.H. Hasyim Asy’ari. Etika peserta didik terhadap guru dituangkan K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, diantara 12 aspek etika peserta didik menurut beliau yaitu: peserta didik hendaknya patuh kepada guru dalam berbagai hal, memandang guru dengan rasa hormat, senantiasa mendoakan dan tidak melupakan jasa-jasa guru. Namun, Rendahnya etika dan rasa hormat yang dimiliki peserta didik terhadap guru menjadi permasalahan serius yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini. Banyaknya permasalahan yang terjadi di kalangan peserta didik saat ini dikarenakan kurangnya pengetahuan peserta didik dalam mengetahui etika menuntut ilmu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui etika peserta didik terhadap guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustaaan (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar Terjemahan Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya Hadratussyaikh KH.M. Hasyim Asy’ari. Adapun diantara sumber data sekunder yang digunakan adalah mengenai etika, pendidikan karakter, metode kepenulisan, ilmu pendidikan islam, dll. Tekhnik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunkan triangulasi teori dan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan metode Grounded Theory. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa etika peserta didik terhadap guru merupakan perilaku atau watak, perbuatan seorang yang menuntut ilmu terhadap orang yang mendidiknya yaitu guru. Terdapat 12 aspek Etika peserta didik terhadap guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan memiliki hubungan dengan nilai pendidikan karakter antara lain, religius, toleransi, kerja keras, bertanggung jawab, sikap sabar, sopan santun, dan patuh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:14 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6515 |
Actions (login required)
View Item |