Korelasi antara Persepsi Lingkungan Kelas dan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Delapan di SMP IT IQRA Bengkulu.

Sabatini, Mulya Pusfita (2021) Korelasi antara Persepsi Lingkungan Kelas dan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Delapan di SMP IT IQRA Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
PUSFITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap lingkungan kelas dan prestasi bahasa inggris mereka, dan mengetahui interaksi antara siswa dengan lingkungan belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT IQRA Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020 serta guru dan orang tua siswa. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 62 orang dari dua kelas jurusan Bahasa Inggris, 2 orang guru dan 2 orang orang tua siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa dari dua kelas jurusan Bahasa Inggris. Sampel diambil dengan menggunakan census sampling yang berjumlah 62 siswa. Dalam penelitian ini, wawancara, dan dokumentasi rapor diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan kelas dan prestasi bahasa Inggris mereka. Untuk mengetahui tanggapan siswa tentang lingkungan kelas maka peneliti memberikan angket tentang lingkungan kelas. Teknik pengumpulannya menggunakan salah satu instrumen yang dikembangkan oleh Fraser yaitu angket WIHIC (What is Happening In This Class) untuk mengetahui bagaimana siswa mempersepsikan lingkungan kelasnya. Selain itu, dokumentasi nilai khusus bahasa inggris dari raport diperlukan untuk mengetahui prestasi bahasa Inggris siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan : Pertama, persepsi siswa tentang lingkungan kelas yang diperoleh dari skor persepsi siswa terhadap lingkungan kelas yang diambil dari angket.Kedua, prestasi bahasa Inggris siswa yang diambil dari raport. Berdasarkan analisis data diperoleh r-hitung (.484) lebih tinggi dari r-tabel (0,2564). Kemudian tingkat signifikansi masalah (p) (sig.2-tailed) adalah .000. itu berarti bahwa p (.000) lebih rendah dari .05. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan kelas dengan prestasi belajar bahasa Inggris mereka. Artinya, prestasi bahasa Inggris siswa merupakan faktor dominan yang mempengaruhi prestasi bahasa Inggris. Kata kunci : Lingkungan Kelas, Prestasi Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:20
Last Modified: 20 Sep 2021 04:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6533

Actions (login required)

View Item View Item