Penerapan Model Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII.B di SMPN 17 Seluma

Rahayu, Mina Rita (2021) Penerapan Model Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII.B di SMPN 17 Seluma. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER RITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Model SQ3R, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. Permasalahan dalam proses pembelajaran yang cenderung menggunakan konsep yang cenderung abstrak dengan metode ceramah tanpa menggunakan sarana yang ada di sekolah sehingga pembelajaran cenderung didominasi oleh guru, tanpa ada peran aktif dari siswa, dan kebutuhan siswa di lingkungan masyarakat dengan materi yang diberikan, atau dengan kata lain kurang melakukan pengajaran bermakna. Siswa merasa bosan dan mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI rendah, hal ini disadari pada hasil evaluasi belajar siswa dan keaktifan dalam pembelajaran masih banyak yang tidak memahami materi pelajaran yang diajarkan. SQ3R dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII.B di SMPN 17 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemis dan Mc, Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.B di SMPN 17 Seluma sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus sebesar 26%, siklus 1 meningkatkan menjadi 69% dan siklus ll meningkat menjadi 84%. Adapun hasil observasi guru pada siklus satu mendapatkan skor 33 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pad siklus ll sebesar 54 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus l mendapatkan 26 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus ll sebesar 33 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:21
Last Modified: 20 Sep 2021 04:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item