Upaya Marketing Sales Force dalam Mempertahankan Produk Pembiayaan Pensiun (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu)

Afriani, Veni Erisa (2021) Upaya Marketing Sales Force dalam Mempertahankan Produk Pembiayaan Pensiun (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
ERISA VENI AFRIANI 1611140200.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu dan kendala yang dihadapi oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu dalam mempertahankan produk pembiayaan pensiun. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mekanisme produk pembiayan pensiun di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu yang harus dilalui oleh calon nasabahnya adalah Penawaran, Pengumpulan Data (Collect Data), Analisis Pembiayaan, Keputusan, Realisasi, Pembayaran Angsuran, Maintenance. Data tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan retail marketing Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu dan dibuktikan dengan penjelasan alur pengajuan produk pembiayaan pensiun di website resmi Bank Syariah Mandiri serta diperkuat dengan adanya skema alur pengajuan produk pembiayaan pensiun yang diperoleh dari staf Marketing Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu. Kendala yang dihadapi Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu dalam mempertahankan produk pembiayaan pensiun adalah Persaingan, terutama persaingan dengan Bank MANTAP sebagai anak perusahaan Taspen yang merupakan lembaga penyalur para pensiunan yang lebih dahulu dikenal masyarakat; Loyalitas Nasabah terhadap Bank Konvensional; Paradigma masyarakat terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional; dan Keterbatasan Kantor Unit. Pernyataan ini sesuai dengan kenyataan yang ada, dimana kantor Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu hanya ada beberapa unit saja. Serta kemunculannya terbilang masih baru di masyarakat membuatnya masih kurang diminati. Kata Kunci: Marketing Sales Force, Pembiayaan Pensiun, Bank Syariah Mandiri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:28
Last Modified: 20 Sep 2021 04:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item