PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA IX A DI SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Novita, Tiara (2021) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA IX A DI SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MSY TIARA NOVITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan mengenai (1) guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran cerpen, (2) faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual khususnya pembelajaran cerpen. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas IX A SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan dan objek penelitiannya adalah pembelajaran cerpen dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan analisis. Data yang diperoleh melalui ketiga metode tersebut dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru dalam melaksanakan atau menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran cerpen sudah terlaksana dengan baik karena guru sudah memahami langkah- langkah dalam menerapkan pendekatan kontekstual sehingga sesuai dengan konsep serta strategi-strategi hal ini dapat dilihat dari ratarata siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan guru. (2) faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran cerpen yaitu faktor guru, faktor siswa, sarana dan prasarana serta faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:29
Last Modified: 20 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item