Peran Guru PAI dalam Membina Karakter Religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu

Hardiyanti, Siti (2021) Peran Guru PAI dalam Membina Karakter Religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI HARDIANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu ajaran agama Islam adalah mewajibkan kepada umatnya untuk melaksanakan pendidikan, karena dengan pendidikan manusia dapat memperoleh bekal kehidupan yang baik dan terarah. Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil. Guru Pendidikan Agama Islam tidak hanya dituntut dalam mengajar tetapi harus mampu membina norma moral atau budi pekerti peserta didiknya. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik merupakan seseorang yang memberikan pelajaran dan menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta didiknya agar bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang disesuaikan dengan kaidah-kaidah keislaman. Guru mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) berkewajiban untuk menentukan karakter religius di kalangan siswa. Karena ini dilaksanakan dengan langkah-langkah seperti guru berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, model dan teladan, serta evaluator. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu dan faktor pendukung serta faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi data terbagi menjadi tiga tahap yaitu triangulasi teknik, waktu, dan sumber. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu, yaitu: pendidik, pengajar, pembimbing, model dan teladan, dan evaluator. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu, di antaranya yaitu: a. Faktor pendukung: 1) Faktor keluarga; 2) Faktor lingkungan sekolah; 3) Faktor pendekatan guru kepada siswa SMA Pallawa dengan menggunakan beberapa metode dalam pendidikan karakter religius, di antaranya metode hiwar atau percakapan, metode qishash atau cerita, metode uswah atau keteladanan, metode ceramah, metode pendidikan dengan nasihat, dan metode pembiasaan. b. Faktor penghambat: 1) Faktor keterbatasan waktu; 2) faktor sosial/emosional yang menimbulkan problem emosi. Kata Kunci : Karakter Religius, Personality, dan Ruhul Jihad

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:02
Last Modified: 20 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item