PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTSN 5 KAUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Safitra, Eljan (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTSN 5 KAUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELJAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian berupa pengumpulan data untuk mengetes hipotesis yang berkaitan dengan keadaan dan kejadian sekarang. sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu sehingga di peroleh 75 orang sebagai sampelnya. Pengambilan data penelitian menggunakan angket berupa soal 20 butir mengenai pembelajaran akidah akhlak 20 butir mengenai perilaku siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini telah membuktikan tiga hal. Pertama terdapat pengaruh pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 Kaur yang di tunjukan dari uji anava nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,355 < 0,05). Sehingga dalam mengambil keputusan pengujian ini menunjukan H0 di tolak, maka hal ini berarti terdapat pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak tehadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 kaur. Kedua terdapat pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 Kaur yang di tunujkan dari analisi regresi sederhana nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,311 > 0,05) maka Ha di terima H0 di tolak, yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 Kaur. Ketiga tidak terdapat pengaruh pembelajaran akidah terhadap perilaku siswa kelas IX di MTsN 5 Kaur yang di tunjukan pada tabel diterminasi nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,119 dan besarnya persentase pengaruh variabel bebas dan variabel terikat yang di sebut koefisien diterminasi (R2) sebesar 0,014, yang berarti pengertian pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 1,4 % sedangkan sisahnya di pengaruhi variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:14
Last Modified: 20 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6644

Actions (login required)

View Item View Item