Aryani, - (2021) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Sedekah Bedusun (Studi Kasus di Desa Sugih Waras, Kec. Rambang, Kab. Muara Enim). Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI ARYANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis Miles dan Huberman yaitu terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Tradisi Sedekah Bedusun masih dilestarikan oleh masyarakat desa Sugih Waras, yang ditandai dengan kegiatan ini dilaksanakan minimal satu kali setiap masa jabatan kepala desa, seluruh golongan masyarakat berpartisipasi dalam menyukseskan seluruh tahapan tradisi, dari awal acara hingga ini selesai. Kedua, nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi Sedekah Bedusun di desa Sugih Waras mengandung nilai-nilai Islam, nilai ibadah yang terdapat pada pelaksanaan penyembelihan hewan, do’a-do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT., adanya sumbangan sukarela dari masyarakat, pembacaan surat-surat pendek dan yasin, serta shalat berjamaah. Sementara dalam nilai aqidahnya, antara agama dan tradisi adalah dua hal yang terpisah terutama perihal asal kepercayaannya, di mana tradisi ini murni berasal dari nenek moyang yang dipercaya secara turun-temurun, sementara Islam adalah agama yang dibawa Rasulullah SAW. dan jelas tidak membawa ajaran adat ini. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Tradisi Sedekah Bedusun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 02:28 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 02:28 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6673 |
Actions (login required)
View Item |