PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 4 BENGKULU SELATAN

Lestari, Hesti (2020) PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 4 BENGKULU SELATAN. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
cd hesti lestari.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran besar dalam menentukan dan meningkatkan karakter peserta didik. Peran guru pada saat ini tidak hanya cukup sebagai pendidik akademik semata, tetapi juga sebagai pendidik karakter bagi peserta didiknya. Guru haruslah menjadi motivator, korektor, serta pembimbing bagi peserta didiknya dalam membentuk karakter pribadinya. Oleh karena itu, peran guru IPS dalam meningkatkan karakter siswa di SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan pada proses pelaksanaannya menjadi contoh bagi sekolah dalam menumbuhkan karakter peserta didik demi tercapainya tujuan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam meningkatkan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa di dalam pembelajaran di SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan. Mengetahui peran guru IPS dalam meningkatkan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa di luar pembelajaran di SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan. Serta mengetahui kendalakendala guru IPS dalam meningkatkan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa di SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan. Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Metode dalam pengambilan dan memperoleh data yang dilakukan peneliti adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: peran guru IPS dalam meningkatkan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran adalah sebagai motivator, korektor dan pembimbing, inisiator, fasilitator, evaluator, demonstrator, organisator, dan informator. Sedangkan peran guru IPS dalam meningkatkan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa di luar pembelajaran adalah sebagai pembimbing, evaluator, demonstrator, dan sebagai korektor. Kendala-kendala guru IPS dalam membentuk karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab adalah 1. guru tidak dapat selalu memantau perilaku peserta didik yang dikarenakan tugas guru tidak hanya mengajar tetapi juga mengampu tugas lain, 2. Evaluasi yang tidak maksimal, 3 kondisi lingkungan yang tidak selalu mendukung untuk menerapkan pembentukan karakter yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:21
Last Modified: 20 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item