PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ICARE TERINTEGRASI PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Riana, Anike (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ICARE TERINTEGRASI PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANIKE RIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterlaksanaan pendidikan sangat ditentukan adanya peran serta kemampuan dari pendidik yaitu dalam memanfaatkan media sebagai bahan ajar sewaktu proses pengajaran di kelas. Berdasarkan hasil analilis kebutuhan media pemanfaatan modul yang digunakan pendidik masih minim dan belum inovatif, sehingga penelitian ini bertujuan mengembangan modul dan untuk mengetahui kelayakan dan praktikalitas modul pembelajaran IPA berbasis ICARE terintegrasi pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa SMP kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah mengadaptasi 8 langkah model Borg & Gall yang terdiri dari analisis potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk awal, validasi desain, revisi desain,uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, dan produk akhir. Hasil uji kelayakan dari valiadator ahli bahasa, materi, dan media/desain diperoleh persentase 89,33%,84,7%, dan media/desain 82,5% dengan kriteria ketiganya sangat layak. Dan untuk uji praktikalitas responsif guru 89,23% dan siswa yang dikomulatifkan mencapai persentase sebesar 80,8% sehingga modul yang dikembangkan mendapat respon positif dalam kriteria praktis. Kata Kunci : Modul pembelajaran IPA, ICARE, SETS (Science, Environment, Technology, and Society).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:27
Last Modified: 20 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item