Novita, Tiara Msy (2021) Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX A di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI MSY TIARA NOVITA NIM.1711290014.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Cerpen, Pendekatan Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan mengenai (1) guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran cerpen, (2) faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual khususnya pembelajaran cerpen. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas IX A SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan dan objek penelitiannya adalah pembelajaran cerpen dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan analisis. Data yang diperoleh melalui ketiga metode tersebut dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru dalam melaksanakan atau menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran cerpen sudah terlaksana dengan baik karena guru sudah memahami langkah- langkah dalam menerapkan pendekatan kontekstual sehingga sesuai dengan konsep serta strategi-strategi hal ini dapat dilihat dari rata- rata siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan guru. (2) faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran cerpen yaitu faktor guru, faktor siswa, sarana dan prasarana serta faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:33 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6702 |
Actions (login required)
View Item |