Implementasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bengkulu Tengah.

Asisah, Nur (2021) Implementasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bengkulu Tengah. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Nur ASISA SKRIPSI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring Fiqih Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dan faktor pendukung dan penghambat pada mata pelajaran Fiqih di Madrasha Ibtidaiyah Assalam terpadu Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan mengacu pada studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, Triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bengkulu Tengah, sebagai berikut: perencanaan: menggunakan RPP 1 lembar namun tetap beracuan pada RPP induk yang telah ada, RPP 1 lembar merupakan garis besar apa saja yang akan dilakukan saat proses belajar-mengajar daring dilakukan. pelaksanaan: selama pandemi pembelajaran tetap berjalan, ialah dengan cara online menggunakan applikasi whatsaaps gruop pembelajaran secara online. setiap kelas memiliki group pembelajaran masing-masing yang diatur oleh guru kelas masing-masing. melalui gruop tersebut guru memberikan tugas, materi dan informasi. Evaluasi: adalah melalui nilai tugas yang dikerjakan anak, kehadiran dan keaktifan anak walaupun saat pembelajaran daring. Untuk penilaian anak yang tidak mengikuti pelajaran daring, guru menilai tugas anak setelah orang tua anak mengumpulkan tugas yang telah diberikan ke sekolah. (2) Faktor penghambat dan pendukung Implementasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bengkulu Tengah, sebagai berikut: faktor teknis pendukung dalam pembelajaran daring adalah HP. Faktor non teknis pendukung dalam pembelajaran daring adalah dorongan orang tua. Faktor hambatan, sinyal, orang tua yang tidak memiliki HP, kuota yang terbatas,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:49
Last Modified: 20 Sep 2021 07:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6730

Actions (login required)

View Item View Item