“Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darussalam Kota Bengkulu”

Wirawati, Sastra (2021) “Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darussalam Kota Bengkulu”. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SASTRA WIRAWATI PDF 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ustadz/bapak pengasuh pondok pesantren darussalam, ustadzah/guru yang mengajar program tahfiz, anak-anak yang mengikuti program tahfiz yang menjadi informan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rumusan dari penelitian ini mengacu pada latar belakang yaitu pelaksanaan metode kauny quantum memory dalam menghafal al-qur’an di pondok pesantren darussalam kota bengkulu, dan efektivitas metode kauny quantum memory dalam menghafal al-qur’an di pondok pesantren darussalam kota bengkulu. sedangkan tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode kauny quantum memory dalam menghafal al-qur’an di pondok pesantren darussalam kota bengkulu, dan untuk mengetahui efektivitas metode kauny quantum memory dalam menghafal al-qur’an di pondok pesantren darussalam kota bengkulu. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa pelaksanaan metode kauny quantum memory di pondok pesantren darussalam yaitu memiliki teknik tersendiri pertama anak-anak ditahsin terlebih dahulu, kemudian digunakan teknik talaqqi yaitu mengikuti secara berulang-ulang sampai bisa, kemudian mengamati cerita bergambar dan di bantu dengan kata kait yang ada di dalam gambar untuk mempermudah dan membantu ingatan anak supaya cepat tersampaikan bacaan ayat dan pemahaman artinya, kemudian anak diberi kesempatan untuk meroja’ah, setelah anak sudah hafal barulah anak menyetorkan hafalannya. Dalam menghafal Al-Qur’an alhamdulillah sudah berjalan baik dan sudah tercapai, karena mengunakan metode kauny quantum memory anak-anak lebih suka, karena membangkitkan semangat bagi anak apalagi dengan bantuan cerita bergambar yang terkadanng lucu dan mudah untuk di ingat. Dalam menghafal anak tidak merasa membosankan karena tidak hanya menghafal tetapi anak-anak juga di ajak berkhayal seolah-olah cerita itu dia hadapi sendiri oleh karena itu mudah untuk anak-anak mengingatnya. Metode dengan mengunakan cerita bergambar dan disertai dengan kata kait di dalam gambar berdasarkan ayat dan artinya ini sangat cocok untuk anak-anak seperti kelas 4,5,6 (SD/MI). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dalam menghafal al-qur’an dengan mengunakan metode kauny quantum memory pada jenjang anak SD/MI sudah dikatakan efektif karena sudah hampir semuanya bisa mengikuti dan memahami dengan baik dan sudah mencapai target hafalan yang ditentukan. Kata kunci : Efektivitas, Kauny Quantum Memory, Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:51
Last Modified: 20 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item View Item