Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu.

Sapitri, Diah Putri (2021) Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Puttri diah sapitri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Dengan Keterampilan Menyimak Kalimat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas IV SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu yang disebabkan oleh pemilihan metode pembelajaran kurang efektif, sehingga membuat minat belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menyimak relatif rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak kalimat pada siswa kelas IV SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Ekprimental Design). Setelah itu data diolah menggunakan uji hipotesis meliputi uji-T terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 3,380 sedangkan ttabel dengan df 34 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,018. Demikian thitung > ttabel (3,380 > 2,018) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu Terdapat pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan media permainan bahasa bisik berantai-menyimak kalimat lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan media menyimak kalimat di SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode permainan bahasa bisik berantai-media audio menyimak kalimat dan media audio menyimak kalimat terhadap keterampilan menyimak kalimat siswa kelas IV SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes kelas IVB (Eksprimen) lebih tinggi dibandingkan kelas IVA (Kontol), yaitu 56–80 >46–66.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:54
Last Modified: 20 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item