STRATEGI PEMASARAN HOTEL SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASID SYARIAH (Studi Pada Hotel Syariah Depati Cupli Kota Bengkulu)

Nabila, Ayu Putri (2021) STRATEGI PEMASARAN HOTEL SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASID SYARIAH (Studi Pada Hotel Syariah Depati Cupli Kota Bengkulu). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran Hotel Syariah Depati Cupli dalam meningkatkan jumlah pengunjung, serta mengetahui strategi pemasaran Hotel Syariah Depati Cupli dalam meningkatkan jumlah pengunjung dengan menggunakan pendekatan maqasid syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran Hotel Syariah Depati Cupli dalam meningkatkan jumlah pengunjung diantaranya adalah: a) Keramahan karyawan melayani tamu, kecepatan karyawan dalam melayani tamu; b) Kelengkapan produk di penginapan Deputi Cupli Kota Bengkulu masih terbilang kurang atau belum optimal; c) Fasilitas hotel Syariah Deputi Cupli antara lain fasilitas kasur, selimut, bantal, kipas angin, kamar mandi,peralatan sholat dan air minum aqua gelas. Sedangkan tipe kamar yang harga Rp. 200.000,- kamar vip fasilitas: ruang kerja, kamar mandi, Ac, Tv, peralatan sholat, air mineral botol. Strategi pemasaran Hotel Syariah Depati Cupli dalam meningkatkan jumlah pengunjung dengan menggunakan pendekatan maqasid syariah, antara lain: a) Hifdzs Ad-Din, untuk menjalan sholat lima waktu; b) Hifdzs An-Nafs, untuk tidak membawa makanan dan minuman yang bertentangan dengan ajaran agama; c) Hifdzs Al-‘Aql, untuk mendengarkan kepada pengunjung hotel lantunan ayat al-qur’an, ceramah singkat, dan juga lagu-lagu Islami 30 menit sebelum menjelang adzan dikumandangkan; d) Hifdzs An-Nasl, melarang pengunjung yang bukan muhrim untuk memesan satu kamar, persyaratan booking pengunjung memperlihatkan KTP dan buku nikah; e) Hifdzs Al-Mal, untuk mengantisipasi tindakan penipuan ataupun kriminal dengan melakukan seleksi melalui identiiast diri berupa KTP, SIM, KK, ataupun juga NPWP. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Hotel, Maqasid Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:55
Last Modified: 20 Sep 2021 07:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6744

Actions (login required)

View Item View Item