Tinjauan Etika Bisnis Ekonomi Islam Terhadap Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Memberikan Kepuasan Konsumen di Samsat Kota Bengkulu

Wulandari, Sherly (2021) Tinjauan Etika Bisnis Ekonomi Islam Terhadap Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Memberikan Kepuasan Konsumen di Samsat Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI SHERLY_EKIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk pelayanan pajak kendaraan bermotor dalam memberikan kepuasan konsumen di Samsat Kota Bengkulu dan untuk mengetahui tinjauan etika bisnis ekonomi Islam terhadap pelayanan pajak kendaraan bermotor dalam memberikan kepuasan konsumen di Samsat Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian langsung di lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk pelayanan pajak kendaraan bermotor dalam memberikan kepuasan konsumen di Samsat Kota Bengkulu, yaitu tersedianya ruang tunggu yang nyaman dan aman, prosedur administrasi yang tidak berbelit-belit, kerapihan dan ketelitian petugas, pelayanan sesuai yang dijanjikan, waktu tunggu tidak lama, kecepatan dalam melayani pelanggan, pelayanan yang sopan dan ramah, kejelasan petugas dalam memberikan penjelasan layanan, kesesuaian dan kepastian biaya pelayanan yang telah ditetapkan, dan memberikan rasa nyaman bagi wajib pajak/konsumen dalam memberikan pelayanan; 2) Tinjauan etika bisnis ekonomi Islam terhadap pelayanan pajak kendaraan bermotor dalam memberikan kepuasan konsumen di Samsat Kota Bengkulu, yaitu bahwa memberikan pelayanan yang baik merupakan hal yang penting dalam Islam sebagaimana diatur dalam QS. Ali Imran/3 ayat 159. Rasulullah SAW pun di dalam hadist-hadist yang mulia juga telah mempraktikkan dan memerintahkan supaya setiap muslim senantiasa menjaga amanah yang diberikan kepadanya. Etika pelayanan yang sesuai dengan perspektif Islam bisa dilihat dari proses pelayanan yang prima yang diberikan kepada wajib pajak/konsumen, dengan dimulai dari karakteristik pelayanan dan juga etika pelayanan. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik yang dilakukan petugas pelayanan pajak kendaraan bermotor di Samsat Kota Bengkulu, akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan (wajib pajak). Setelah pelanggan (wajib pajak) merasa puas dengan hasil layanan yang diterimanya maka pelanggan (wajib pajak) akan merekomendasikan kepada wajib pajak lainnya untuk membayar langsung pajak kendaraannya dan tidak menggunakan jasa perantara atau pun calo untuk menyelesaikan pengurusan pajak kendaraannya. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Pelayanan Pajak, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:57
Last Modified: 20 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item