PERAN ORANG TUA DAN GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN KARANG ANYAR KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Karlina, Nia (2021) PERAN ORANG TUA DAN GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN KARANG ANYAR KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIA KARLINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa sering kali menghadapi kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPS khususnya materi sejarah mengenai perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. Kesulitan tersebut disebabkan oleh terbatasnya penjelasan yang diberikan oleh guru. Pada masa pandemi sistem pembelajaran dilakukan dari jarak jauh yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi yang diberikan. Kesulitan belajar tersebut dapat diatasi melalui peran aktif orang tua dan guru dalam mendidik anak-anaknya. Dari sini peneliti tertarik untuk mengungkap sejauh mana peran orang tua dan guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dan guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMPN Karang Anyar, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yakni teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa para orang tua kurang berperan dalam mengatasi kesulitan belajar IPS anak karena kebanyakan orang tua sibuk dengan pekerjaan, tidak mengerti dengan pelajaran dan ada pula yang tidak mengerti dengan teknologi seharusnya orang tua berperan dalam mendampingi anak, membimbing, serta memotivasi anak dalam belajar. Disisi lain guru IPS sudah berperan cukup baik dalam mengatasi kesulitan belajar IPS para siswa nya karena guru sering mengkomunikasikan kepada siswa tentang kesulitan belajar yang di alaminya agar siswa mampu untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Kata Kunci : Peran Orang Tua dan Guru, Kesulitan Belajar, Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:13
Last Modified: 20 Sep 2021 08:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item