ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI KOTA BENGKULU

Jaya, Sukarman (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI_SKRMN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui solusi bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pedidikan Agama Islam dalam mengajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB) yang beralamat di Jalan Bukit Barisan Kelurahan Kebun Tebeng Kota Bengkulu, permasalahan yang ada disekolah ini ketika observasi yang terjadi dilapangan yaitu proses kegiatan belajar megajar dalam alokasi waktu yang diberikan sekolah kepada guru itu sangat singkat, sehingga materi yang diajarkan itu tidak berjalan dengan baik, masih ada guru yang meminta izin disaat kegiatan belajar berlangsung, serta pengelolaan sekolah terhadap guru-guru juga belum teratur Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan mempertimbangkan setting penelitian di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Bengkulu. Subjek dan informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu Kepala Sekolah, 3 Guru Pendidikan Agama Islam, dan Walikelas. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada perkembangan akhlak siswa autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Bengkulu, guru Pendidikan Agama Islam memberikan pengajaran dan pemahaman dalam menanamkan nilai moral dan akhlak yang terkandung pada materi pelajaran. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru telah melakukan dengan baik seperti mengajak siswa berinteraksi, mempersiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran, menggunakan media dan alat bantu namun hal yang menjadi permasalahan yaitu terbatasnya waktu yang diberikan untuk guru dalam mengajar sedangkan mengajar siswa autis itu membutuhkan waktu yang cukup dan kreatif. Solusi yang ditawarkan yaitu pendekatan dengan siswa secara aktif, penambahan waktu yang cukup untuk tercapainya tujuan pembelajaran dan pengelolaan sumber daya manusia atau guru yang lebih baik agar dapat mengajar dengan baik disaat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI dan Perkembangan Akhlak siswa Autis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:18
Last Modified: 20 Sep 2021 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item