EFEKTIVITAS METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZ DAARUL ‘ILMY KOTA BENGKULU

Maslini, Ria (2021) EFEKTIVITAS METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZ DAARUL ‘ILMY KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA MASLINI pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode One Day One Ayat (ODOA) dalam menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Daarul ‘Ilmy Kota Bengkulu, untuk medeskripsikan target dan tujuan yang di buat dalam pelaksanaan metode One Day One Ayat (ODOA) dalam menghafal Qur’an Rumah Tahfiz Daarul ‘Ilmy ini sudah tercapai dengan baik atau belum, dan untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode One Day One Ayat (ODOA) dalam menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Daarul ‘Ilmy Kota Bengkulu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ustadz atau ustadzah rumah tahfiz Daarul ‘Ilmy menjadi informan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan metode One Day One Ayat di Rumah Tahfiz Daarul ‘Ilmy yaitu Pertama anak disuruh ngaji dulu, kedua anak diberi kesempatan untuk merojaah, ketiga setelah anak sudah yakin dengan hafalannya baru lah anak menyetorkan hafalannya satu ayat. Walaupun Cuma tambah satu ayat, ayat yang sebelumnya itu tetap disetor misal anak hari ini ayat pertama kemudian besok anak masuk di ayat yang kedua sehingga anak fokos menghafal di ayat yang kedua, namun ketika setoran dari ayat yang pertama dan kedua tetap disetorkan sehingga anak tidak lupa dengan ayat yang sebelumnya. Target dan tujuan yang di buat dalam pelaksanaan metode One Day One Ayat (ODOA) dalam menghafal Al-Qur’an Alhamdulillah sudah tercapai, karena dengan menggunakan metode satu hari satu ayat anak lebih mudah dalam menghafal, tidak terbenani, dan tidak merasa kesulitan menghafal. Anak-anak juga bisa mengaplikasikan atau menggunakan metode ini dalam menghafal Al-Qur’an. Sehingga tujuan atau target dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode ini dapat tercapai dengan baik. Metode ini sangat cocok untuk anak yang baru menghafalkan terutama di usia PAUD. Penghambatnya itu seperti anak malas menghafal, malas marojaah dan jarang datang sehingga kalau misal ada 3 surah yang seharus selesai dalam satu bulan menjadi satu bulan lebih baru selesai. Kata kunci: Efektivitas, metode One Day One Ayat, menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:20
Last Modified: 20 Sep 2021 06:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item