Anggolah, Nur (2021) THE EFFECT OF THINK ALOUD STRATEGY TOWARD STUDENT’S READING COMPREHENSION(A Quasi-Experimental Research at the 7th Grade of MTS Al-Qur’aniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan in Academic Year 2020/2021). Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
THE EFFECT OF THINK ALOUD STRATEGY TOWARD STUDENT(1).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas tujuh di MTS Al-Quraniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan adalah siswa tidak diajarkan cara membaca yang efektif dengan benar. Di Samping itu ,kekhawatiran mereka adalah tentang kata-kata pamiliar dan asing yang siswa temukan dibagian bacaan tersebut dan terhakir mereka tidak tahu menemukan ide pokok dan informasi spesifik dalam teks. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis mencoba menerapkan model pembelajaran TAS dalam pemahaman membaca di kelas tujuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimen. khususnya dengan menerapkan pola rancangan grup control dimana dua kelompok pemahaman membaca, salah satunya menerapkan model pembelajaranya menggunakan TAS (Kelas Eksperimen) dan yang lainya menerapkan model pembelajaran yang berfokus kepada guru dan buku teks. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTS Al-Quraniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 151 orang, terbag I menjadi lima kelas. Setelah memastikan homogenitasnya, akhirnya dua kelas terpilih sebagai sampel penelitian: VII A (Kelas Eksperimen) dan VII B (Kelas Control). Keduanya terdiri atas 25 siswa dengan nilai rata-rata mata pelajaran bahasa inggris yang hampir sama. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik pada SPSS.16. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa menggunakan TAS dalam pemahaman membaca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas VII di MTS Al-Qur’aniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil paired sample t-test, rata-rata pre-test dan post-test pada kelas ekspiriment adalah 7,640 dengan standa rdevisi 3,627 dan t-obtained adalah 10,532. Pada tingkat signifikan 0,05 derajat kebebasan 24.Dapat dilihat bahwa t-obtained nilai lebih tinggi dari pada t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya ada pengaruh strategi berpikir keras terhadap pemahaman membaca siswa dengan nilai signifikan 0,000 <α yaitu 0,05. Mampu meningkatkan pemahaman membaca terhadap siswa kelas tujuh di MTS Al-Quraniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Kata Kunci : Strategi Berfikir Keras , Pemahaman Membaca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 06:24 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 06:24 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6780 |
Actions (login required)
View Item |