ANALISIS KONSEP KECERDASAN PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DALAM BUKU MULTIPLE INTELLIGENCES (KECERDASAN MAJEMUK) DAN RELEVANSINYA DALAM NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Cahyo, David Dwi (2021) ANALISIS KONSEP KECERDASAN PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DALAM BUKU MULTIPLE INTELLIGENCES (KECERDASAN MAJEMUK) DAN RELEVANSINYA DALAM NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DAVID DWI CAHYO_BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam memiliki visi untuk menedepankan kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk dalam perkembangannya di rumuskan oleh Howard Gardner. Oleh karenanya, untuk mengkaji lebih lanjut mengenai kecerdasan majemuk, penulis mengkaji lebih dalam mengenai analisis konsep kecerdasan majemuk dan relevansinya dalam nilai PAI. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kecerdasan perspektif Howard Gardner dalam buku Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk) serta mengetahui konsep Kecerdasan Perspektif Howard Gardner dan Relevansinya dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan di perpustakaan dimana pekerja riset membaca, menelaah atau memeriksa bahan-bahan kepustakaan yang terdapat di dalam perpustakaan tersebut. Berdasarkan hasil anailsisi yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Teori kecerdasan majemuk merupakan suatu teori yang digagas oleh Howard Gardner untuk mengungkapkan banyaknya (kemajemukan) kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu. Kecerdasan, menurut Gardner, adalah kemampuan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk mode yang merupakan konsekuensi dalam suasana budaya atau masyarakat tertentu. Ada sembilan kecerdasan yang diungkapkan oleh Gardner, akan minimal ada delapan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu; 2) Ada beberapa hal yang pelu diperhatikan oleh guru dalam menerapkan nilai-nilai PAI sebagai dasar pengembangan seluruh aspek kecerdasan yang dimiliki anak. Diantaranya yaitu pemahaman konsep mengenai kecerdasan majemuk, ketersediaan waktu dan kemampuan memanfaatkan sumber belajar. Serta kemampuan mtode yang dipilih. Ditinjau dari karakteristik pelajaran PAI, seluruh metode pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk pada suatu rumpun pelajaran PAI, pada dasarnya bisa digunakan untuk mengembangkan aspek-aspek kecerdasan pada rumpun pelajaran PAI lainnya, walaupun tetap diutamakan beberapa penekanan khusus pada masing-masing rumpun pelajaran tersebut, namun ketika mengetahui karakteristik siswa, biasanya akan melihat perbedaan dalam perencanaan dan penerapan metode-metode untuk mengembangkan kecerdasan majemuk siswa yang bervariasi. Sedang kan pada tahap pelaksanaannya, yang perlu diperhatikan oleh guru adalah kemampuan menerapkan teknik pembelajaran anak, karena penerapan metode untuk mengembangkan satu jenis kecerdasan akan berbeda pada tingkatan perkembangan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Howard Gardner, Multiple Intelligences, Nilai PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:20
Last Modified: 20 Sep 2021 08:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item