POLA MANAJEMEN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI BAGI ORANG TUA SISWA DI MTsN 1 KAUR

Utama, Sofia (2021) POLA MANAJEMEN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI BAGI ORANG TUA SISWA DI MTsN 1 KAUR. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
latar belakang Ayuk Sofia Revisi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pola manajemen guru dalam pembelajaran online di masa pandemi bagi orang tua siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan keluarga dalam menghadapi pandemi COVID-19, metode pembelajaran yang diterapkan guru, dan kendala yang dihadapi orang tua dan guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru serta wali murid, kepala sekolah dan tata usaha. Sedangkan data sekunder adalah data yang telah diarsipkan, baik berupa statistik, BPS, tabel maupun data di sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode pembelajaran yang diterapkan pada masa pandemi. Pembelajaran online atau online merupakan bagian dari penawaran khusus di era pandemi virus corona, (2) Kesiapan orang tua dalam menghadapi masa pandemi. Memindahkan proses belajar anak ke rumah tentu membutuhkan kerjasama yang lebih besar dari orang tua. Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapan orang tua untuk mengontrol diri sebelum mulai mengajar anak selama proses belajar mengajar dari rumah. Orang tua harus mampu mengendalikan diri atas apa yang sedang terjadi dan membimbing anak-anaknya dengan tenang dan sabar. (3) Kendala yang dihadapi orang tua dan guru. Menurunnya semangat belajar pada anak. Hal ini dikarenakan tugas yang diberikan cukup banyak, mereka kurang memahami tugas yang diberikan. Timbulnya rasa bosan karena harus menyesuaikan materi atau rencana pembelajaran yang telah disusun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:40
Last Modified: 21 Sep 2021 00:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item