STUDI DESKRIPTIFTENTANG PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS REMAJA PADA KEGIATAN MENTORING DI SMK N 1 KOTA BENGKULU

Salsabillah, Dania (2021) STUDI DESKRIPTIFTENTANG PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS REMAJA PADA KEGIATAN MENTORING DI SMK N 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Dania Salsabillah (Skripsi).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan karakter remaja yang mengikuti kegiatan mentoring di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter remaja pada kegiatan mentoring di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, Jumlah informan dalam penelitian initiga belas orang, satu orang kepala sekolah, tiga orang mentor/guru dan sembilan orang siswa-siswi SMK Negeri 1 Kota Bengkulu.Teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwapengembangan karakter remajauntukjadwal pengembangan karakter religius dilaksanakan setiap jum’at pukul 07.15-08.15 WIB, yang menjadi mentor dpada kegiatan mentoring ialah semua guru yang mengajar, kemudian tahapan awal sebelum memulai kegiatan mentori yang pertama salam pembuka, kedua membaca Al-Mat’shurat, tilawah bersama, pemberian materi dari mentor, terakhir penutup. Lalu aspek keyakinan ialah seorang remaja yang memiliki satu keyakinan terhadap Allah. Selanjutnya aspek ibadah adalah remaja memiliki tingkatan sejauh mana seseorang mengerjakan kewajiban-kewajiban agamanya. Untuk aspek penghayatan yaitu remaja bisa menggambarkan perasaan dan merasakan setelah melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan. Ada aspek pengetahuan yang mana remaja pasti sudah mengetahui dan memahami ajaran-ajaran agama seperti, sholat, Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Kemudian aspek pengalaman yaitu remaja menerapkan, melaksanakan dan menjalankan ajaran-ajaran agama seperti sholat, membaca Al�Qur’an, berpuasa dan lain sebagainyadidalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung pengembangan karakter ialah diri sendiri, lingkungan sekolah, teman beserta keluarga, untuk faktor penghambat terkait waktu pelaksanaan yang kurang efektif karena dilakukan secara daring, pemberian materi cenderung melalui tugas online, masalah pada jaringan yang seringgangguan dan kouta internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Karakter, Mentoring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:40
Last Modified: 21 Sep 2021 01:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item