PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP 6 KOTA BENGKULU

Agustina, Sinta (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP 6 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian untuk mendeskripsikan intensitas penggunaan media sosial (youtube dan whatshapp) di SMP 6 Kota Bengkulu. Untuk mendeskripsikan kreativitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP 6 Kota Bengkulu. Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan mddia sosial (youtube dan whatshapp) terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh media sosial youtube terhadap kreativitas siswa. Dari perhitungan statistik diketahui bahwa nilai F hitung ialah 34,758 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, hal tersebut membuktikan adanya pengaruh media sosial youtube terhadap kreativitas siswa. Dari perhitungan statistik diketahui besarnya nilai korelasi R yaitu sebesar 0,722. Dari peritungan diatas didapat R sequare 0,521. Jadi pengaruh media sosial youtube terhadap variabel terikat kreativitas siswa adalah sebesar 52,1%. Pengaruh media sosial whatsapp terhadap kreativitas siswa dengan melihat dari tabel diatas diketahui bahwa nilai f hitung ialah 32,108 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, hal tersebut membuktikan adanya pengaruh media sosial whatshapp terhadap kreativitas siswa. Dari perhitungan statistik dikeahui besarnya nilai korelasi R yaitu sebesar 0,708. Dari perhitungan statistik didapat R sequare 0,501. Jadi pengaruh media sosial whatshapp terhadap kreativitas siswa adalah sebesar 50,1%. Pengaruh media sosial (youtube dan whatshapp) terhadap kreativitas siswa berdasarkan dari uji ANOVA atau uji F, didapat nilai F hitung sebesar 29,262 dan F-tabel sebesar 3,30 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai F-hitung > F-tabel atau nilai p < 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi kreativitas siswa. Artinya secara simultan (bersama-sama) media sosial youtube (X1) dan media sosial whatsapp (X2) mempengaruhi kreativita siswa (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kreativitas Siswa, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:41
Last Modified: 21 Sep 2021 01:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item