PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Nofrianto, Reza (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Skripsi Reza Nofrianto .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Socio-scientific Issues pada pembelajaran IPA untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dilakukan di SMP 19 Kota Bengkulu pada tanggal 17 Mei s.d 28 Juni 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, data divalidasi oleh tiga validator yaitu validator ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan LKPD sebagai berikut: a) tahap potensi dan masalah; b) pengumpulan data; c) tahap desain produk; d) tahap validasi desain; e) tahap revisi desain; f) tahap uji coba produk, g) tahap revisi produk; h) tahap produk akhir. Materi di dalam LKPD terdiri dari tiga sub materi, yaitu: a) pencemaran tanah; b) pencemaran air; c) pencemaran udara. Pada akhir materi terdapat soal yang menuntun siswa untuk berpikir kritis. Produk di validasi kelayakanya oleh tiga orang validator yaitu, ahli bahasa dengan presentase 90 % (sangat layak), ahli materi dengan presentase 88% (sangat layak), dan ahli media/desain dengan presentase 88,2 % (sangat layak). Hasil responden siswa terhadap bahan ajar modul dengan presentase 86, 83 % (sangat praktis), hasil responden guru menunjukkan presentase 87% (sangat praktis), selain itu berdasarkan hasil pretest 46,5 % (Cukup Layak) dan pada hasil posttest yaitu 74,5 % (Layak) berdasarkan hasil reponden guru dan siswa serta hasil tes maka dapat disimpulkan modul yang dikembangkan memiliki katagori praktis dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA, Socio-Scientific Issues, Berpikir Kritis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:42
Last Modified: 21 Sep 2021 01:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item