Upaya Penggunaan Metode Muraja’ah (Mengulang) pada Hafalan Siswa dalam Pelajaran Hadits di SD IT Al-Qiswah Kota Bengkulu

Pitriani, Selva (2021) Upaya Penggunaan Metode Muraja’ah (Mengulang) pada Hafalan Siswa dalam Pelajaran Hadits di SD IT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELVA PITRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penggunaan metode muraja’ah (mengulang) pada hafalan siswa dalam pelajaran hadist di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode muraja’ah (mengulang) pada hafalan siswa dalam pelajaran hadist di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan metode muraja’ah (mengulang) pada hafalan siswa dalam pelajaran hadist di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: muraja’ah (mengulang) dengan sistem satu hari satu hadits, muraja’ah (mengulang) hafalan hadits yang lama yang disimak oleh teman dengan berhadapan antara dua orang atau berpasangan, muraja’ah (mengulang) hafalan hadits yang lama kepada guru, dan ujian muraja’ah (mengulang) hafalan hadits yang dilaksanakan satu bulan sekali; 2) Efektifitas penggunaan metode muraja’ah (mengulang) pada hafalan siswa dalam pelajaran hadist di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu yaitu bahwa dengan penerapan metode muraja’ah (mengulang), maka hafalan hadits siswa akan tetap terjaga dan selalu istiqamah (konsisten) dalam memuraja’ah (mengulang) baik hafalan hadits yang baru maupun hafalan hadits yang lama. Sehingga, metode muraja’ah (mengulang) pada hafalan hadits dalam penerapannya di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu dinilai cukup efektif dan sangat tepat untuk diterapkan dalam menghafal hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Kata kunci: Muraja’ah, Hafalan, Hadits

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:40
Last Modified: 20 Sep 2021 08:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item View Item