PENGARUH KINERJA GURU PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 06 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Pratomo, Ilham Akbar (2021) PENGARUH KINERJA GURU PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 06 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Tesis Ilham Akbar Pratomo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru PAI dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI siswa di SD Negeri 06 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif yang mana penelitian ini meneliti pengaruh atau hubungan antara dua variable atau lebih, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian dalam tesis ini adalah kelas empat, lima dan enam SD Negeri 06 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumen nilai siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Dimana analisis data ini untuk mengetahui keadaan (naik turunnya) variable dependen yang dapat diprediksi melalui variable independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif signifikan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar PAI siswa di SD Negeri 06 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang dengan nilai t_hitung sebesar 2,266 sedangkan t_tabel sebesar 2,018 atau (2,241 > 2,018), koefisien regresi sebesar 0,107 (2) terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI ditunjukkan dengan nilai t_hitung sebesar 3,979 sedangkan t_tabel sebesar 2,018. Dikarenakan t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,979 < 2,018), koefisien regresi sebesar 0,180 (3) terdapat pengaruh positif signifikan kinerja guru PAI dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI ditunjukkan dengan nilai besarnya F_hitung sebesar 27,85 nilai ini lebih besar dari F_tabel sebesar 3,22 (27,85 > 3,22), koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,557.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru PAI, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:43
Last Modified: 21 Sep 2021 01:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item