Pengaruh Penerapan Strategi RAFT Terhadap Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Seluma.

Nurhidayati, Prihatin (2021) Pengaruh Penerapan Strategi RAFT Terhadap Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Seluma. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Bakar CD.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa ini harus terintergasi dalam semua keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik/siswa. Oleh karena itu, peran guru amatlah penting dalam proses pembelajaran karena harus mampu memberikan metode, strategi, dan media pembelajaran yang strategis, inovatif, dan menarik sehingga siswa mampu menguasai keempat keterampilan berbahasa dalam pelajaran bahasa Indonesia, artinya siswa harus menguasai keempat keterampilan tersebut secara seimbang. Namun, pada kenyataannya keterampilan menulis masih kurang digemari oleh siswa, hal ini disebabkan oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan gagasan, perasaan, dan pikiran melalui tulisan. Sehingga pembelajaran menulis lebih sulit dibanding tiga kompetensi dalam pembelajaran bahasa lainnya.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh strategi RAFT terhadap pengembangan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel Penelitian ini sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut, diketahui bahwa uji hipotesis yang dilakukan, maka diperoleh bahwa nilai Fhitung> Ftabel yakni = 0,48 > 0,39, dengan demikian maka hipotesis Ha diterima yang artinya penerapan strategi RAFT dapat meningkatkan pengembangan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Seluma.Pelaksanaan uji pengaruh dalam hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pembelajaran raft terhadap pengembangan keterampilan menulis kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Seluma, dengan hasil pengelolaan data hasil penelitian yang dilakukan, maka diketahui bahwa ada pengaruh positif antara strategi RAFT (X) terhadap pengembangan keterampilan menulis teks deskripsi (Y) Kata kunci: Strategi RAFT, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:07
Last Modified: 21 Sep 2021 02:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item View Item