PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KAUR

Fadilah, Anisa Nur (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA NUR FADILAH BAKAR CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kela IV SD Negeri 28 Kaur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 28 Kaur. Penelitian ini terdiri dari satu kelas, peneliti mengambil kelas IV untuk dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 15 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik sampel jenuh dimana seluruh siswa dijadikan sampel dalam penelitian. pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pra-eksperimen (Pre-experimental design) sedangkan jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One group pretest posttest design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelompok saja sehingga tidak memerlukan kelas kontrol. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 28 Kaur dan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, obesrvasi dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan thitung selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel. Pada taraf signifikan α = 0,05 maka diperoleh ttabel = 2,48, ternyata harga thitung > ttabel (5 > 2,48) dan hasil uji koefisien determinasi bernilai 0,576 yang menunjukkan bahwa besaran pengaruh variabel model pemebelajaran berbasis masalah (problem based learning) (X) terhadap variabel hasil belajar siswa (Y) adalah sebesar 33% dan sisanya sebesar 67% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bawah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretest dan Posttest siswa yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada siswa kelas IV SD Negeri 28 Kaur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:15
Last Modified: 21 Sep 2021 03:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item View Item