STRATEGI PEMBELAJARAN GURU UNTUK KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 TEBAT KARAI

Niko, Roy (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU UNTUK KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 TEBAT KARAI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROY NIKO.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Strategi pembelajaran oleh guru untuk keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Tebat Karai. Permasalahan yang diteliti difokuskan pada bagaimana strategi pembelajaran oleh guru untuk keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Tebat Karai. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.dalam proses pengumpulan data, penulis mwnggunakan beberapa metode, yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik deskriftif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data�data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruhtentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 1 Tebat Karai menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi. Namun dalam mata pelajaran PAI menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode yang berbeda�beda karena disesuaikan dengan kondisi siswa dan juga tidak merasa bosan. Strategi pembelajaran yang digunakan tidak sepenuhnya berhasil karena sebagian siswa masih ada yang tidak memperhatikan guru dalam mengajar. Hal itu dilihat ketika guru bertanya kepada siswa dengan jawaban yang siswa berikan tidak tepat dengan apa yang guru harapkan walaupun sebenarnya guru tidak menuntut siswa harus memberikan jawaban yang tepat. Kegiatan belajar dikelas selama pandemi tentunya kurang efektif karena jam belajar yang dibatasi, kurangnya konsentrasi siswa saat mengikuti pelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi Pembelajaran Guru, Keefektifan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:20
Last Modified: 21 Sep 2021 03:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item