ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PGMI MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA

Wari, Cicik Paramis (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PGMI MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CICIK PARAMIS WARI NIM 1711280031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian pemahaman konsep matematika ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan yaitu 3 soal esay yang menguji kemampuan pemahaman bilangan mahasiswa. Berdasrkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika materi bilangan belum optimal, terbukti dari persentase ketercapaian tiap indikator yang masih rendah, yaitu 1.) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu hanya 20%, dengan kategori sangat kurang karena mahasiswa tidak bisa mendefinisikan pengertian dari bilangan real, bilangan asli dan juga bilangan bulat, mahasiswa hanya tahu bilangan positif itu 1,2,3,… dan seterusnya; bilangan negatif terdiri dari -1,-2,-3, dan seterusnya; bilangan pecahan, dan bilangan cacah, 2.) menggunakan,memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu hanya 20%, dengan kategori kurang, karena mahasiswa kurang teliti pada saat mengerjakan soal, bingung dalam pengerjaannya karena jawaban terlalu panjang dan keliru pada saat perhitungannya, 3.) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah hanya 66,7% dengan kategori baik, karena mahasiswa sudah bisa menafsirkan soal dan menjabarkan soal dengan tepat. Hal ini disebabkan karena mahasiswa kurang memahami konsep matematika dan kurangnya pengetahuan mahasiswa mengenai bilangan dan kurang teliti dalam pengerjaan soal secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:23
Last Modified: 21 Sep 2021 03:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item