PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Lubis, Mahdiya Fitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ACC MAHDIYA FITRI LUBIS.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang memiliki kelayakan untuk dipakai setelah divalidasi, dan melihat kepraktisan modul dalam melatih literasi sains siswa.. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mengembangkan desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, dan produk akhir. Penelitian ini dibatasi pada tahap development yaitu kelayakan modul. Instrument yang digunakan adalah angket untuk kelayakan modul, dan angket untuk kepraktisan modul. Subjek penelitian adalah 3 dosen Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yang terdiri atas 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, dan 1 dosen ahli bahasa, Guru IPA dan siswa kelas VII. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan persentase sebesar 72%, 96,25%, dan 93% dengan (kategori layak, sangat layak, dan sangat layak). Kepraktisan modul pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon siswa dan respon guru IPA yang dilakukan pada uji coba skala kecil/terbatas menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi pemanasan global termasuk dalam kriteria sangat praktis digunakan tanpa direvisi dengan persentase secara berurutan sebesar 87% dan 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah modul yang dikembangkan telah layak, dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi Pemanasan Global dalam melatih kemampuan literasi sains siswa SMP untuk kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, Etnosains, Pemanasan Global, Kemampuan Literasi, Siswa SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:37
Last Modified: 21 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item