Pamela, Olsa (2021) Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendidikan Karakter dengan Teknik Latihan Terbimbing pada Materi Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI OLSA PAMELA.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, modul, pendidikan karakter, teknik latihan terbimbing, menulis, teks cerpen Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar, (2) mengembangkan bahan ajar, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi, (4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) desain pengembangan Borg and Gall level/desain 1. Hasil penelitian, yaitu siswa dan guru menginginkan bahan ajar berisi (1) materi menulis dan menyunting teks cerpen, (2) penyajian materi mengunakan teknik latihan terbimbing, (3) contoh, latihan, dan evaluasi, (4) evaluasi berbentuk uraian, (5) kelengkapan isi modul, (6) mengunakan ilustrasi menarik dan warna mencolok serta (7) modul diintegrasikan dengan 18 nilai-nilai karakter bangsa. Bahan ajar ini terdiri dari tiga bab, yaitu “BAB 1 Pendahuluan”, “BAB 2 Materi”, dan “BAB 3 Penutup”. Hasil uji validasi dari guru dan ahli, yaitu, 1) aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,68 sangat valid, 2) aspek bahasa sebesar 4,51 sangat valid, 3) aspek pendidikan karakter sebesar 4,50 sangat valid, dan 4) aspek grafika sebesar 4,53 sangat valid. Perbaikan terhadap bahan ajar, yaitu (1) daftar isi, (2) kesalahan ejaan, (3) penambahan glosarium, (4) langkah-langkah menulis teks cerpen (5) pendidikan karakter yang diintegrasikan pada materi ajar, 7) perbaikan bingkai setiap bab dan (8) pergantian ilustrasi sampul bab tiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:39 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6882 |
Actions (login required)
View Item |