PENGARUH MEDIA FILM KARTUN ADIT & SOPO JARWO TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Sari, Yeni Puspita (2021) PENGARUH MEDIA FILM KARTUN ADIT & SOPO JARWO TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YENI PUSPITA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Film Kartun Adit & Sopo Jarwo Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SDN 66 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan design one shot case study. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T dengan bantuan program Statistical Product For Servicer Solution (SPSS 26). Berdasarkan hasil penelitian dari angket variabel X dan variabel Y, maka dapat dilihat hasil penelitian yang menunjukkan t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai t tabel sebesar 2,101 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 5,006. Maka t hitung 5,006 > t tabel 2,101 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan persamaan regresi linier sederhana ̂ = 16,957 + 0,747 X. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,582, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh media film kartun Adit & Sopo Jarwo (X) terhadap sikap sosial siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS (Y) adalah sebesar 58,2% sedangkan 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Film Kartun, Sikap Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:14
Last Modified: 21 Sep 2021 04:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item