IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAKRIFATUL ILMI KABUPATEN BENGKULU SELATAN)

Jayadi, Dethree (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAKRIFATUL ILMI KABUPATEN BENGKULU SELATAN). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
cd jayadi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Enterpreneurship Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang merupakan sebuah pendekatan logika-logika serta teori-teori yang sesuai dengan lapangan. penelitian ini lebih memfokuskan pada ruang lingkup masalah penelitian yang bertumpu pada studi tentang Implementasi Pendidikan Enterpreneurship untuk membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Data penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Implementasi pendidikan enterpreneurship dalam membangun Nilai-nilai kemandirian santri di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Dari segi perencanaan pihak yayasan, guru untuk pendidikan Budidaya Lele system Bioflog, Dsain Garafis, Ilmi Mart belum memiliki panduan atau acauan seperti perangkat pembelajaran yang belum dimasukan kedalam kurikulum, Silabus, RPP, dan belum ada buku pedoman, serta kesedian air yang belum memadai, keterbatasan Computer, sehingga pelaksanaannya dari pendidikan tersebut belum berjalan secara maksimal, maka evaluasi yang akan datang agar pendidikan tersebut tercapai untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kemandirian santri, maka pihak yayasan dan guru harus memiliki perangkat acuan yang jelas, dan kelengkapan sarana�prasarana yang memadai didukung oleh semua pihak termasuk santri harus wajib untuk mengikuti kegiatan tersebut secara seksama. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pendidikan enterpreneurship dalam membangun Nilai-nilai kemandirian santri di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan antara lain: faktor pendukung adanya dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana yang memadai dari segi tempat, sebagian anak yang antusian untuk mengikuti. Sedangkan faktor penghambat belum memiliki acuan atau pedoman, Keterbatasan waktu, sedikit sekali santri yang ikut dalam kegiatan tersebut. Timbulnya rasa malas, dikarenakan sifat bawaan dari dalam diri santri sendiri sehingga menjadi vii faktor penghambat santri kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan wirausaha di pondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan, Enterpreneurship
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:25
Last Modified: 21 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item